Mau Tahu Kelebihan Dan Kelemahan Promosi Secara Online?

“Hemm, mau cari penghasilan tambahan tapi bagaimana ya?”

Yap, pasti banyak diantara Anda ingin memiliki penghasilan tamabahan bukan? Tapi banyak diantara Anda pasti kesulitan untuk mencari kerjaan tersebut karena terhambat waktu.

Dilema ini sering dialami oleh para pekerja maupun mahasiswa. Well, kenapa Anda tidak mencoba memilih bisnis online yang kini tengah naik daun?

Kini, produk atau jasa desain kemasan bagi Anda yang ahli dapat ditawarkan di internet dan semakin beragam caranya. Tentu saja bisnis secara online ini cukup menjanjikan bukan? Selain dapat dijalankan kapan saja dan dimana saja, menjual produk di dunia online dapat langsung menjangkau pasar lebih luas!

Yeah, as we know pengguna internet tersebar di seluruh daerah bahkan negara. Jadi, siapapun dapat dengan mudah Anda jangkau.

Idealnya, orang yang kini sudah berbisnis online juga perlu mengatur strategi promosi untuk menarik lebih banyak pembeli dan membuat produk/jasa semakin dikenal.

But, sebelum Anda ingin melakukan promosi di internet, ada baiknya mengetahui lebih dahulu kelebihan dan kelemahannya. Apa saja? Read this!

First, KELEBIHAN

Adapun kelebihan dari melakukan promosi online yakni:

Jangkauan luas

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, bisnis online sangat menjanjikan karena dapat menjangkau masyarakat luas. Tentu saja berbeda dengan membuka toko secara tradisional yang hanya dapat dijangkau oleh penduduk lokal.

2

Tetapi melalui internet, pengguna yang berasal dari daerah bisa mengenali produk atau jasa yang Anda tawarkan. Bahkan, internet marketing juga memudahkan Anda untuk go internasional.

Hemat biaya

Selain jangkauan luas, pemasaran online juga lebih hemat ketimbang cara konvensional. Tentu saja, modal utama yang Anda butuhkan hanya berupa perangkat seperti laptop, PC, atau smartphone)yang terhubung ke internet.

Memang diperlukan dana khusus apabila Anda ingin melakukan peningkatan lebih seperti menggunakan SEO atau memasang iklan PPC, YouTube, atau yang lainnya.

Everytime and Everywhere

Alasan lain mengapa digital marketing menguntungkan para pebisnis yakni kemudahan dan kenyamanan.

Anda dapat melakukan promosi kapan saja dan di mana saja. Lain halnya dengan membuka toko yang memiliki batasan waktu atau membagikan brosur di jalan yang menemui panas, polusi, dll. So tired, right?

Second, KELEMAHAN

Secara garis besar, ini dia kelemahan internet marketing:

Interaksi Tidak Secara Langsung

Penjual dan pelanggan tidak dapat bertatap muka secara langsung apabila transaksi dilakukan secara online.

3

Itu artinya Anda kurang mendapatkan sosialisasi di dunia nyata apabila hanya fokus menjalankan usaha secara online. Anda akan mendapatkan relasi yang luas asal didapatkan dengan bersosialisasi secara langsung. Tentu saja jika Anda menjalankan bisnis di toko biasa.

Keahlian Khusus

Meskipun sepertinya terlihat mudah dan cepat, pemasaran online membutuhkan keahlian khusus.

Anda tidak bisa hanya bermodalkan skill pas-pasan untuk melakukan promosi, dan bukan tidak mungkin strategi promosi di internet tidak mendatangkan hasil alias FAIL.

Pebisnis dituntut untuk mendalami ilmu marketing termasuk SEO lebih dalam. Caranya? Ikut pelatihan dan seminar dengan topik alternatif lain yaitu menggunakan jasa ahli.

Banyak digital agency yang secara khusus menawarkan jasa internet marketing bagi pebisnis yang tidak mau direpotkan atau yang tidak mempunyai kemampuan yang cukup baik.

Kepercayaan Konsumen

Terkait poin pertama, interaksi tidak langsung antara penjual dan pembeli menyebabkan sulitnya meraih kepercayaan konsumen.

Calon pelanggan umumnya memberikan berbagai pertanyaan sebelum membeli guna memastikan apakah sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Karena tidak bisa melihat produk secara langsung, biasanya mereka banyak tanya tentang ukuran, warna, harga, dan yang terpenting kualitas.

Maka dari itu, tidak jarang banyak pengalaman para pebisnis online memiliki konsumen yang lebih suka marah-marah karena barangnya belum sampai atau berbeda dengan produk yang dipesan.

DONE! Sekian merupakan kelebihan dan kelemahan yang bisa Anda ketahui sebelum ingin promosi online. Dengan mempertimbangkan sisi positif dan negatif-nya di atas, buat keputusan yang tepat. Rencanakan dan persiapkan dari sekarang juga agar Anda bisa segera mengembangkan bisnis dengan baik.