4 Langkah Mudah Mendapatkan Interaksi di Social Media

Social Media sekarang ini sudah seringkali membantu masyarakat dalam mengutarakan apa yang dibutuhkannya, social media juga seringkali digunakan oleh digital agency Jakarta untuk meningkatkan usaha clientnya.

Namun seringkali juga orang-orang yang tidak mendapatkan respon dari para user dan tentunya membuat si pelaku thread starter akan jengkel dibuatnya karena tidak mendapatkan interaksi. Berikut ini adalah 4 langkah mudah untuk mendapatkan interaksi di social media

1. Pahami tingkat Engagement pengguna sosial media

Tingkat Engagement halaman Facebook mengacu pada berapa banyak pelanggan terlibat dengan posting yang dibuat seperti, komentar dan share.

Halaman Facebook yang memposting relevan dan menarik cenderung lebih memiliki tingkat Engagement yang kuat. Direkomendasikan bagi para online merchants untuk menyertakan foto, video, atau link dalam semua posting Facebook.

Cara menghitung tingkat Engagement halaman Facebook
Engagement Rate = Total Likes + Comments + Shares / Total Fans
Tingkat Engagement juga dapat dihitung dengan publikasi untuk membantu lebih memahami publikasi mana yang bekerja paling baik.

Engagement Rate = Jumlah orang yang like + berkomentar + share / jumlah orang yang melihat publikasi

Kiev, Ukraine - May 20, 2013 - Hand pointing on keyboard with social media logotype collection of well-known social network brand's placed on keyboard buttons. Include Facebook, YouTube, Twitter, Google Plus, Instagram and more other logos.

Kiev, Ukraine – May 20, 2013 – Hand pointing on keyboard with social media logotype collection of well-known social network brand’s placed on keyboard buttons. Include Facebook, YouTube, Twitter, Google Plus, Instagram and more other logos.

2. Angka tingkat Engagement biasanya kecil

Jangan heran jika mendapatkan presentase rendah untuk tingkat Engagement, umunya memang cukup rendah. Berikut adalah angka untuk membantu memahami tingkat Engagement:

Lebih tinggi dari 1% berarti memiliki tingkat Engagement baik
Antara 0.5 dan 0.99 berarti memiliki tingkat Engagement rata-rata
Dibawah 0.5 berarti memiliki tingkat Engagement rendah

Perhatikan bahwa rata-rata tingkat Engagement bervariasi tergantung pada industri atau ukuran komunitasmu. Sebagai contoh, tingkat keterlibatan rata-rata dalam industri fashion lebih tinggi daripada keuangan.

3. Strategi meningkatkan tingkat Engagement pengguna

Berikut adalah beberapa praktek terbaik untuk menerapkan strategi tingkat Engagement pengguna pada halaman Facebook:

Post pada halaman Facebook di luar jam kerja – Studi menunjukkan bahwa post sebelum atau setelah jam kerja memiliki tingkat Engagement pengguna yang lebih tinggi.

Pilih hari yang tepat – Kamis dan Jumat cenderung memiliki tingkat Engagement yang lebih tinggi.

Konten yang relevan – Pastikan posting relevan dengan sesuai topik halaman Facebook.

Jelas dan mudah dibaca – Pengguna Facebook biasanya mencari konten yang mudah dicerna, jadi gunakan kosa kata umum digunakan dan gambar yang bisa mengurangi penggunaan teks.

Optimalkan gambar – Cobalah buat ukuran gambar menjadi 403 x 430 pixel untuk menampilkan seluruh gambar pada timeline.

4. Post yang mengundang pengguna untuk ikut berpartisipasi

Ajak pengguna untuk mengisi penggalan kata

Contoh: “Hari ini hari Valentine! Saya memakai ___________ untuk malam yang romantis”

Keterangan foto ini

Mintalah penggemar untuk menulis keterangan untuk foto yang menarik dan berikan insentif dengan menawarkan diskon khusus untuk keterangan terbaik yang dikirimkan.

1 reply
  1. Koji Aleezuka
    Koji Aleezuka says:

    Terima kasih telah berbagi informasi ini, sangat membantu untuk saya sebagai orang yang baru pertama kali menjadi admin di sebuah fanpage Facebook. Sekali lagi terima kasih.

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *